7 Makanan untuk Asam Lambung Naik agar Cepat Reda

Jakarta – Refluks asam terjadi ketika ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan. Penyakit asam lambung ini bisa menyebabkan komplikasi atau gejala yang mengganggu seperti mulas. Hal ini bisa diredakan dengan mengonsumsi makanan untuk redakan asam lambung.

Dikutip dalam Healthline, salah satu alasan terjadinya asam lambung adalah karena sfingter esofagus bagian bawah (LES) melemah atau rusak. Biasanya LES menutup untuk mencegah makanan di perut naik ke kerongkongan.

Makanan yang Anda makan mempengaruhi jumlah asam yang diproduksi perut Anda. Makan jenis makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan penyakit refluks asam atau penyakit refluks gastroesofageal (GERD), bentuk asam lambung yang parah dan kronis.

Gerakan refluks yang terjadi akibat asam lambung yang menyentuh kerongkongan dan menyebabkan iritasi serta nyeri. Jika Anda memiliki terlalu banyak asam, Anda dapat memasukkan makanan khusus ini ke dalam makanan Anda untuk mengatasi gejala refluks asam.

Berikut makanan untuk asam lambung yang wajib dicoba:

1. Sayuran

Sayuran secara alami rendah lemak dan gula sehingga sayuran bisa menjadi makanan untuk asam lambung naik. Sayuran seperti kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang dan mentimun dapat dinikmati untuk mengurangi asam lambung.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti inflamasi alami dan merupakan pengobatan alami untuk mulas serta masalah pencernaan lainnya. Anda bisa menambahkan parutan atau irisan jahe ke makanan atau smoothies. Anda juga dapat minum teh jahe untuk meredakan asam lambung dan GERD.

3. Oatmeal

Makanan untuk asam lambung GERD bisa dikonsumsi saat terjadi maag. Oatmeal adalah makanan sarapan yang terbuat dari biji-bijian utuh dan sumber serat yang baik. Diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko penurunan asam lambung yang lebih rendah.

Selain oatmeal, pilihan serat lainnya adalah roti gandum dan nasi gandum.

4. Buah Non Citrus

Buah non citrus termasuk melon, pisang, apel dan pir cenderung tidak memicu gejala refluks dibandingkan dengan buah dengan rasa asam.

5. Daging dan seafood tanpa lemak

Daging tanpa lemak seperti ayam, kalkun, ikan dan makanan laut rendah lemak dapat mengurangi gejala refluks asam. Cobalah mengonsumsi makanan tersebut dengan cara dipanggang atau direbus.

6. Putih Telur

Putih telur adalah pilihan yang bagus untuk makanan asam lambung atau GERD. Hindari kuning telur yang tinggi lemak dan dapat memicu gejala refluks.

7. Lemak Sehat

Sumber lemak sehat antara lain adalah alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen dan minyak bunga matahari. Kurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans dan ganti dengan lemak tak jenuh yang lebih sehat.

Bagikan