7 Tanda Tubuh Kelebihan Asupan Gula yang Patut Kamu Waspadai

Jakarta – Tanda tubuh kelebihan gula ini sebenarnya mudah terlihat, namun kerap tak disadari. Seperti jerawat di dagu dan merasa cepat lapar.

Gula sering kali dikonsumsi terlalu banyak oleh seseorang. Jenisnya ada yang alami dan olahan. Keduanya terkandung dalam banyak makanan yang kita makan sehari-hari.

Mengonsumsi terlalu banyak gula tidak baik untuk tubuh. Pasalnya gula bisa memicu sindrom metabolik klasik seperti gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan obesitas.

Untuk batas konsumsi harian gula, Kementerian Kesehatan Indonesia menyarankan tak lebih dari 50 gram per hari. Jumlah ini setara 5-9 sendok teh (sdt) gula.

Lalu bagaimana cara mengetahui jika tubuh kamu sudah kelebihan gula? 7 tanda yang dirangkum Eat This, Not That (19/10) ini bisa jadi indikatornya:

1. Alami masalah pencernaan
Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi gula berlebih bisa menurunkan keragaman bakteri sehat di usus dalam waktu seminggu. Hal ini berisiko menimbulkan masalah pencernaan.

“Terlalu banyak konsumsi gula pasir tidak akan berefek bagus jika kamu sedang mencoba menambah bakteri sehat di sistem pencernaan,” tutur ahli gizi Brigitte Zeitlin.

Hal senada dikonfirmasi ahli gizi lain, Karen Ansel. Ia menyebut biasanya orang yang banyak makan gula, kurang makan serat. Sehingga mereka berisiko alami masalah pencernaan.

2. Muncul jerawat di area mulut dan dagu

Tanda tubuh kelebihan gula selanjutnya ternyata bisa dilihat dari jerawat. Posisinya biasanya ada di sekitar mulut dan dagu.

Ansel mengatakan secara teori gula meningkatkan produksi hormon androgen yang terkait dengan jerawat hormonal. Biasanya jerawat ini muncul di sekitar area garis rahang. “Jika kamu bermasalah dengan jerawat dan tidak tahu kenapa, coba kurangi asupan gula sehari-hari untuk mengatasinya,” kata Ansel.

Bagikan