Ada yang Hampir Rp 400 Ribu/Kg, Berikut 5 Kurma Termahal Di Dunia

Jakarta – Kurma menjadi buah yang paling populer saat Ramadan. Ada kurma dengan harga terjangkau, namun tak sedikit jenis kurma yang harganya super mahal.

Kurma punya banyak jenis yang dibedakan dari rasa, tekstur, hingga ukurannya. Semakin premium kualitas buah kurma, maka semakin mahal juga harganya.

Pohon kurma banyak tumbuh di Timur Tengah seperti Mekah, Madinah hingga Irak. Setiap daerah memiliki kurma andalan yang rasanya manis. Jika ditelusuri jenisnya pun kurma memiliki beberapa ciri khas.

Berdasarkan data dari Abu Dhabi Food Control Authority (ADFCA) pada 2017, jenis kurma menentukan rasa, tekstur dan ukurannya. Jadi meskipun sama-sama kurma tetapi bisa memiliki ciri khas rasa dan tekstur berbeda.

Untuk jenis kurma premium dengan kualitas terbaik biasanya dibanderol dengan harga tinggi. Selain karena banyak yang memburu, kurma ini juga mahal karena ketersediaannya terbatas.

Dilansir dari CNN (9/4) Pejabat Direktur Penelitian Pertanian Saudi Abdullah Al Mousa menyebut ada 5 jenis kurma termahal sepanjang sejarah yang dibudidayakan oleh pemerintah Uni Emirat Arab.
Berikut beberapa kurma premium yang harganya termahal:

1. Kurma Barhi

Kurma Barhi termasuk jenis kurma termahal di dunia. Jenis kurma ini memiliki warna kuning dengan bentuk buah yang bulat. Tampilannya berbeda dengan kurma pada umumnya yang berwarna kecoklatan dan juga berbentuk lonjong.

Kurma Barhi memiliki tekstur khas yang renyah. Rasanya manis seperti karamel saat dimakan. Kurma ini banyak dibudidayakan di Arab Saudi namun untuk jenis kurma Barhi terbaik justru berasal dari Basra, Irak.

Kurma Barhi kaya akan kandungan serat, zat besi, kalium, vitamin B, dan antioksidan. Kurma ini biasa dijual dengan harga 50 Riyal atau setara Rp 196 ribu per kilogram. Kurma ini juga dijual dengan tangkainya.

2. Kurma Medjool

Kurma satu ini terbilang populer dan kerap mendapat julukan sebagai Ratu Kurma. Kurma Medjool memili bentuk lonjong besar, rasanya manis legit dan teksturnya empuk. Kurma ini termasuk jenis kurma basah karena cenderung juicy dan berair.

Kurma Medjool mengandung kalsium dan zat besi yang tinggi. Serta kurma ini juga memiliki serat yang bermanfaat untuk kesehatan. Rasanya yang super manis membuat para penderita diabetes tidak dianjurkan untuk makan kurma ini terlalu banyak.

Kurma Medjool adalah yang paling mahal di dunia dengan harga jual per kilo mencapai 70 Riyal atau setara Rp 271.092.

3. Kurma Sukari

Kurma Sukari juga masuk dalam deretan jenis kurma termahal. Kurma ini punya rasa manis sehingga diberi nama Sukari yang berasal dari kata sukkur yang dalam bahasa Arab artinya gula.

Kurma ini berbentuk bulat dengan warna kuning kecoklatan dan mengilap. Kurma ini bisa di akan langsung ataupun dijadikan campuran pada makanan manis. Harga kurma Sukari sekitar 70-80 Riyal atau setara Rp309.820 per kilogramnya.

4. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa memiliki ukuran yang cenderung kecil berbentuk bulat. Kurma ini memiliki warna kehitaman dan rasanya manis sedikit asam. Kurma Ajwa juga bertekstur lembut dan empuk.

Selain karena rasanya yang enak, kurma Ajwa juga istimewa karena menjadi kurma favorit Rasulullah SAW. Kurma ini juga disunahkan untuk dikonsumsi dalam jumlah ganjil misalnya 3, 5, atau 7.

Harga jual kurma Ajwa di dunia mencapai 100 Riyal atau setara Rp387.275 per kilogram untuk kualitas terbaiknya. Kurma ini juga bisa menjadi campuran makanan atau minuman.

5. Kurma Amber

Kurma Amber memiliki bentuk bulat kecil, sekilas mirip dengan kurma Ajwa namun sedikit lebih lonjong. Kurma ini memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut dan berdaging tebal.

Selain karena rasanya yang enak, kurma ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti protein, mineral hingga serat. Di pasaran kurma ini juga terbilang sulit ditemukan. Harga untuk satu kilogram kurma Amber 100 Riyal per kilogram atau setara Rp387.275. (Dtk)