Audiensi Delegasi Pesantren Tahfidzh Sulaimaniyah Turki Bersama Bupati Lamsel

Kalianda, etalaseinfo (SMSI) – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menerima audiensi Delegasi Pesantren Tahfidzh Sulaimaniyah Turki di ruang kerja bupati, kantor bupati setempat, Rabu (12/1/2022).

Pertemuan itu merupakan agenda silaturahmi dan sosialisasi keberadaan Pesantren Tahfidz Sulaimaniyah Turki di Lampung Selatan, yang pusatnya berada di Istanbul Turki. Disisi lain, juga mempererat hubungan dengan Pemerintah Kabupaten setempat.

Hadir dalam audiensi, Penanggung Jawab Program Studies In Turkey Wilayah DKI Jakarta dan Sekitarnya Ust. Budi Candra, Pimpinan Pondok Pesantren Sulaimaniyah Cabang Kalianda Ust. Amin Wahyudin dan Penanggung Jawab Program Studies In Turkey Wilayah Lampung Selatan Ust. Mujahid Fauzan.

Pimpinan Pondok Pesantren Sulaimaniyah Cabang Kalianda Ust. Amin Wahyudin memperkenalkan keberadaan Pesantren Sulaimaniyah yang terletak di Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.

Dirinya menuturkan, semua program Pesantren Sulaimaniyah merupakan program dari pusat, termasuk didalamnya juga terdapat program beasiswa untuk kuliah di turki.

“Ini sedikit pengetahuan tentang Sulaimaniyah, alhamdulillah cabangnya ada kurang lebih 80 cabang di Indonesia, salah satunya di Kalianda, Lampung Selatan, khusus asrama perempuan. Alhamdulillah di dunia lebih dari 10 ribu cabangnya, pusat kami ada di Turki,” katanya.

Amin Wahyudin menyebut, hingga saat ini sebanyak lebih dari 2.000 santri asal Indonesia telah berangkat mengenyam pendidikan di Turki. Bahkan, terdapat pula yang telah kembali dan mengabdi untuk masyarakat.

“Alhamdulillah telah memberangkatkan lebih dari 2.000 orang anak-anak, putra-putri kita ke Turki dan pulang ke Indonesia, berdakwah dan mengabdi kepada umat yang ada di Indonesia. Dikirim juga ke berbagai negara yang ada Pesantren Sulaimaniyahnya,” jelasnya.

Penanggung Jawab Program Studies In Turkey Wilayah DKI Jakarta dan Sekitarnya Ust. Budi Candra mengatakan, program beasiswa tersebut ditujukan untuk memfasilitasi para santri yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas yang berada di Turki.

“Untuk memfasilitasi juga, kalo lulusan dari Sulamaniah ingin ke Turki, selain ingin meningkatkan ilmu agama juga meningkatkan ilmu dunia juga, dengan mengambil Universitas. Makanya ada program ini, tapi secara general program ini juga untuk pesantren-pesantren lainnya,” jelasnya.

Budi Chandra juga mengatakan, banyak kerjasama yang telah dilakukan antara Indonesia dan Turki, ditambah lagi dengan potensi minat masyarakat yang ingin melanjutkan studi ke negera tersebut.

“Banyak kerjasama yang telah diberlakukan antara Turki dan Indonesia, kita juga melihat potensi banyak orang Indonesia yang kuliah di Turki. Tahun lalu sampai 400-an, 2 Kapal itu Sulaimaniyah semua,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyambut baik program beasiswa ke Turki yang disosialisasikan oleh Delegasi Pesantren Tahfidzh Sulaimaniyah.

Nanang berharap, putera-puteri Indonesia yang mengenyam pendidikan diluar negeri, tidak kehilangan paham ideologi pancasila sebagai fundamen dasar karakter anak bangsa.

“Kami terbukalah, yang penting tidak keluar dari rel, dari Pancasila. Semua yang kita takuti adalah pecahnya paham ideologi bangsa itu sendiri, boleh kita cari ilmu sejauh mungkin. Tapi begitu pulang, tetap dia sebagai putera-puteri anak bangsa. Implementasikan ilmu tersebut untuk orang banyak,” tutur Nanang.(Kf-Da-J)

Bagikan
movies7 movies2watch flixhq putlocker hurawatch fmovies ssoap2day yesmovies watchseries solarmovie soap2day flixtor losmovies soap2day watchserieshd putlocker putlocker site primewire myflixer 123movies hdtoday flixtor bflix gogoanime 123series myflixer soap2day myflixer f2movies moviesjoy 9anime myflixer 123movies swatchseries watch32 fmovies 123 series 9anime