Bunda PAUD Way Kanan Buka Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD

Way Kanan, etalaseinfo.co.id – Bunda PAUD Kabupaten Way Kanan, Bunda Hj. Dessy Afriyanti Adipati diwakili Ketua HIMPAUDI, Ny. Hj. Eka Listriyeni Ali Rahman didampingi Ketua GOPTKI, Ny, Vorian Melita Saipul membuka Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD dalam Rangka Penurunan dan Pencegahan Stunting melalui PAUD-HI di Kabupaten Way Kanan, Rabu (23/11/2022) di SD Negeri 01 Kampung Serupa Indah Kecamatan Pakuan Ratu.

Dalam sambutan Bunda PAUD, disampaikan bahwa untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan esensial anak yang beragam diantaranya hak umbih kembang anak dalam hal Pendidikan, Kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang PAUD-HI.

Demi mencapainya hasil yang positif diperlukan Kerjasama/kolaborasi secara terpadu oleh berbagai Pemangku Kepentingan di tingkat masyarakat, Pemerintah Daerah dan Pussat, yang saling terkait untuk mengatasi berbagai permasalahan khususnya Stunting di Kabupten Way Kanan.

“Ini kita lakukan sebagai bentuk komitmen Pemerintah dalam upaya Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting di Kabupaten Way Kanan melalui PAUD-HI. Kami berharap pembahasan stunting kepada ibu-ibu Bunda PAUD dapat dilakukan secara komprehensif sehingga dengan pemahaman yang matang dari para Gugus Tugas PAUD-HI, Bunda PAUD Kecamatan, Bunda PAUD Kampung dan stakeholder kepada para orang tua maupun calon-calon orang tua bisa maksimal baik dalam penyerapan maupun dalam penerapannya”, ujar Ny. Yeni Ali Rahman.

Selanjutnya, disampaikan pula bahwa terdapat program layanan yang mendukung pencegahan dan penanganan stunting secara terintegrasu melalui layanan PAUD-HI, diantaranya Bina Keluarga Balita (BKB), Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Saya berharap dengan pembinaan ini dapat mensukseskan pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Way Kanan melalui layanan PAUD-HI dapat meningkatkan Kerjasama dari berbagai sektr secara berkesinambungan, serta lebih meningkatkan kepedulian kita terhadap kebutuhan anak yang beragam. Karena hal tersebut akan kita peroleh jika Kerjasama antara orang tua dan para pendidik PAUD serta keterlibatan dari para Pemangku Kebijakan baik ditingkat Kabupaten, Kecamatan sampai di tingkat Kelurahan/Kampung berjalan harmonis dan saling mendukung”, jelas Ny. Yeni Ali Rahman saat membacakan sambutan Bunda PAUD Way Kanan.

Bunda Dessy Adipati, berharap kepada Gugus Ttugas PAUD-HI, Bunda PAUD Kecamatan dan Kampung/Kelurahan untuk bersama membangun koordinasi yang baik, megingat saat ini masih terdapat PR dalam menuntaskan program PAUD minimal satu tahun sebelum SD.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Machiavelly Herman Tarmizi, S.STP.,M.Si dalam laporannya diwakili Kepala Bidang mengatakan bahwa dalam rangka Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting di Kabupaten Way Kanan melalui Program PAUD-HI, maka dilaksanakan kegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD, dengan harapan dapat terlaksana Penurunan dan Pencegahan Stunting melalui Layanan Pengembangan PAUD-HI di Satuan PAUD Kabupaten Way Kanan.

Kegiatan tersebut merupakan Pembinaan kepada Gugus Tugas PAUD-HI, Organisasi Mitra PAUD, Bunda PAUD Kecamatan dan Kampung, PKG PAUD, Wali Murid PAUD dan Satuan PAUD di Kabupaten Way Kanan dalam rangka mensukseskan Program Penurunan dan Pencegahan Stunting melalui Penyelenggaraan PAU-HI di Satuan PAUD Kabupaten Way Kanan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Unsur Kecamatan, Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Kampung dengan peserta berasal dari Kecamatan Pakuan Ratu, Kecamatan Negara Batin dan Kecamatan Negeri Besar.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menurunkan Angka Stunting di Kabupaten Way Kanan, menyukseskan Pencegahan Stunting di Kabupaten Way Kanan.

Terselenggaranya layanan PAUD-HI di Kabupaten Way Kanan menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia, Terpenuhinya kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan dengan upaya meningkatkan Kerjasama.

Kolaborasi dan sinergi dengan sector-sektor terkait serta dapat terjalin Kerjasama dalam upaya Pencegahan dan Penurunan Stunting melalui Layanan PAUD-HI dari semua unsur terkat dari Tingkat Kampung hingga Kecamatan dan Kabupaten dalam upaya pengembangan anak usia dini.(Kf-Mar-J)

Bagikan