Bupati Lampung Barat Tinjau Lahan Lokasi Pembangunan Kantor UMKM

Lampung Barat, etalaseinfo.co.id (SMSI) – Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus disela waktu kerjanya menyempatkan diri untuk meninjau lahan yang rencananya akan dijadikan Lokasi pembangunan kantor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM), di Lahan Kosong Samping Gedung Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) komplek Perkantoran Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lampung Barat. Kamis, 23/6/2022.

Didampingi asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Tri Umar Yani, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat POlPP) Haiza Rinsa, Parosil melihat langsung kondisi lahan yang akan menjadi tempat pembangunan gedung tersebut.

Dengan dibangunnya gedung UMKM dan IKM itu menjadi wadah untuk memasarkan produk UMKM yang ada dan menjadi pusat pengembangan inovasi dengan memasarkan produk khas yang terdapat di Kabupaten Lampung Barat. Harap Parosil.

“Kita sama-sama berdoa saja, semoga pembangunan gedung UMKM dan IKM ini dapat terealisasi,” harap Parosil ketika melakukan peninjauan.

Sementara, kepala Dinas koperindag Tri Umaryani menjelaskan di tahun 2023 Kabupaten Lampung Barat mengusulkan dana alokasi khusus dari kementerian perdagangan.

“Untuk tahun ini kita memperoleh dana alokasi khusus untuk pembangunan layanan usaha terpadu,” jelas Tri Umaryani.

“Layanan usaha terpadu ini seperti klinik bagi UMKM, jadi jika manusia memiliki rumah sakit maka UMKM ini punya klinik,” sambungnya

Tri Umaryani berharap, dengan dibangunnya gedung UMKM dan gedung IKM tersebut, kedepannya dapat meningkatkan kualitas dan daya saing untuk UMKM Kabupaten Lampung Barat.

Rencana pembangunan terhadap dua gedung tersebut, akan dilakukan tahun 2023 mendatang.

“Gedung UMKM berlokasi di samping gedung Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) komplek pemkab Lampung Barat. Sedangkan IKM yang direncanakan di kawasan sekuting terpadu Pekon Watas Kecamatan Balik Bukit,” ungkapnya.

“Untuk UMKM luas lahan 2000 meter dengan rencana akan dibangunan gedung dua lantai dengan ukuran 700 meter. Sedangkan gedung IKM luas lahan 700 meter dengan luas bangunan 4look 00 meter,” tutupnya.(Kf-Jun)