Tiga Sopir Positif Narkoba Diamankan BNN Way Kanan Saat Razia di Terminal Lampura

Kotabumi, etalaseinfo.co.id (SMSI) – Badan Nasional Narkotika (BNN) Kabupaten Waykanan menggelar razia di Terminal Simpang Propau Kecamatan Abung Selatan Lampung Utara, Selasa (10-5-2022).

Hasilnya, petugas menemukan alat hisab sabu bekas pakai dan mengamankan tiga sopir terindikasi positif narkoba.

“Kegiatan dilaksanakan guna memberantas penyebaran dan penyalahgunaan narkoba, serta memastikan keamanan arus mudik lebaran,” kata Kepala BNN Waykanan Dwi Nurmawaty.

Menurut dia, Razia tersebut merupakan sinergitas antara BNN, Dinas Perhubungan dan Polres Lampung Utara.

“Dari kegiatan gabungan ini, kita berhasil melakukan penangkapan terhadap dua orang sopir travel yang ditemukan barang bukti berupa satu buah pirek Kaca, tiga buah centong dari pipet plastik, satu buah botol aqua yang ditemukan di dalam kendaraannya,” kata dia. 

Dikatakan Dwi Nurmawaty, sopir yang ditemukan bersama barang bukti tersebut di antaranya ASP (27) mengaku sebagai warga Desa Sindang Heula RT 04 Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes Jawa Tengah dan ANN (33) warga Desa Ciputih RT 02 Kecamatan Salem Brebes Jawa Tengah.

Ditambahkan Dwi, selain melakukan penggeledahan terhadap sopir travel, bus dan penumpang, petugas gabungan pun melaksanakan tes urine dadakan terhadap 25 orang, dan tiga diantaranya positif mengunakan barang haram tersebut. 

“Dari 25 Sopir dan penumpang yang dites urine sebanyak dua sopir travel dan seorang sopir bus positif terindikasi menggunakan Narkoba,” jelasnya. 

Para terduga pelaku penyalahgunaan narkoba saat ini sudah diamankan di Mapolres Lampung Utara untuk proses penyidikan lebih lanjut. 

Dwi menegaskan pihaknya akan melakukan deteksi dini bagi masyarakat Waykanan dan Lampung Utara. “Bukan hanya melakukan pemeriksaan terhadap sopir, akan tetapi di pusat keramaian seperti tempat hiburan malam, dinas instansi serta sekolah agar semua dapat terhindar dari bahaya narkoba,” pungkasnya.(Mtm)