Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional Lampung Barat Raih Juara I

Lampung Barat, etalaseinfo.com (SMSI) –  Setelah dilakukan penilaian secara virtual oleh tim penilai pada 1 September kemarin, akhirnya perpustakaan Puska Mandiri (PM) Pekon/Desa Puramekar yang ada di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mewakili Provinsi Lampung meraih Juara I klaster B pada Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional.

Pengumuman juara untuk Kabupaten Lambar yang dilakukan secara virtual oleh tim penilai itu membuat haru dan bangga hingga menitikan air mata para hadirin yang ada di Aula Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA), Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Senin (13/9/2021).

Lomba perpustakaan umum terbaik desa/kelurahan tingkat nasional tersebut dibagi dalam tiga klaster. Para peserta lomba merupakan yang terbaik dari 34 provinsi di Indonesia. Tahun ini, karena pandemi covid-19, visitasi dan penilaian akhir di tingkat nasional dilakukan secara daring sejak awal Agustus 2021.

Daftar pemenang untuk Klaster B Juara I: Perpustakaan Puska Mandiri, Pekon Puramekar, Kabupaten Lampung Barat, Lampung, Juara II: Perpustakaan Nagari Gantuang Ciri, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Juara III: Perpustakaan Kerano Kuncoro, Desa Sri Kuncoro, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu.

Sedangkan Juara Harapan I: Perpustakaan Ayo Baca, Desa Pandan Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Harapan II:
Perpustakaan Panre Dilao, Desa Wawatu, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara dan Harapan III: Perpustakaan Tanyoe, Gampong Lambirah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Selaku Ketua Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Lampung Barat, Partinia Parosil Mabsus didampingi Wakil Ketua Tim GLD Bunda Yusmalasari mengatakan, hal tersebut merupakan capaian luar biasa, mengingat komitmen Bupati Lambar Parosil Mabsus dan Wakilnya Drs. Mad Hasnurin (PM) tentang Kabupaten Literasi akhirnya membuahkan mendapat apresiasi dari pusat.

“Ini adalah pencapaian yang luar biasa , pencapaian ini tidak akan berhasil tanpa ada kerjasama dan sinergitas dari seluruh lapisan masyarakat, Komitmen Pak Bupati tentang Kabupaten Literasi akhirnya mendapat apresiasi dari Pusat,” ucapnya.

Diketahui, seluruh pemenang mendapatkan uang pembinaan bernilai jutaan rupiah, piagam, dan penghargaan dari Perpusnas. Pencapaian yang diraih Perpustakaan Puska Mandiri, Desa Pekon Puramekar, Lampung Barat, Lampung melengkapi penghargaan yang telah ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia kepada Bupati Lambar Parosil Mabsus untuk mendapatkan Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2021 kategori Pejabat Publik dan kepada Bunda Yusmalasari, S.Si., Pemilik RSIA Bunda Liwa untuk kategori Masyarakat.

Sementara itu, selaku kepala daerah Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus mengucap syukur atas capaian tersebut, Ia mengatakan hal itu merupakan wujud komitmen dari pemerintah Kabupaten Lambar untuk menjadikan Kabupaten Literasi.

“Alhamdulillah Perpustakaan Puska Mandiri (PM) menjadi Juara 1 Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Nasional. Hal ini merupaka wujud komitmen dari pemerintah Kabupaten Lampung Barat untuk menjadikan Kabupaten Literasi,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, bunda literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, Bunda Literasi Kabupaten Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus dan seluruh tim gerakan literasi daerah kabupaten Lampung barat yang telah mendukung komitmen menjadikan Kabupaten Lampung Barat sebagai Kabupaten Literasi.

“Terima kasih kepada Gubernur Lampung Bapak @arinal_djunaidi, Ibu @rianasariarinal selaku bunda literasi Provinsi Lampung, Wakil Gubernur Lampung Ibu @mbak_nunik, @partiniathamrin selaku Bunda Literasi Kabupaten Lampung Barat dan seluruh tim gerakan literasi daerah kabupaten lampung barat atas dukungannya selama ini, Salam Literasi,” pungkasnya. (Kf-Kub-J)

Bagikan