Pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Walikota Wahdi Jadi Narasumber

Metro, etalaseinfo.co.id (SMSI) – Walikota Metro Wahdi menjadi narasumber peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan tema Pengelolaan Sampah Menuju Harapan Kota Bersih Berkelanjutan serta penandatanganan komitmen bersama pengurangan sampah di Kota Metro, berlangsung di Bumi Perkemahan Sumbersari Bantul, Selasa (07/06/2022).

Hari Lingkungan Hidup Sedunia jatuh setiap tanggal 5 Juni dan menjadi pengingat manusia, agar wajib berdampingan hidup dengan lingkungan sekitarnya. Pasalnya, sikap tidak peduli terhadap kondisi lingkungan akan berimbas kepada manusia sendiri, salah satu contohnya adalah tumpukan sampah plastik.

Manusia adalah makhluk penghasil sampah yang lalai akan tanggungjawabnya, oleh sebab itu Pemerintah sampai dengan saat ini belum berhasil mengelola sampah dengan baik, meskipun telah menempuh berbagai macam cara, serta membelanjakan biaya pengelolaan sampah yang tidak sedikit melalui Bank Sampah sebagai konsep terbaik yang saat ini ditawarkan sebagai alternatif solusi. Terang Wahdi.

“Kita tidak ingin terjadi bencana dan tragedi kemanusiaan yang disebabkan sampah, pergolakan masyarakat atau konflik horizontal dan vertikal karena sampah, seperti halnya menutup akses jalan menuju ke TPAS, yang pernah terjadi di beberapa daerah. Kita pasti tidak mau juga kualitas kehidupan saat tua di masa mendatang atau generasi penerus semakin menurun, sebab lingkungan yang rusak oleh kekeliruan dalam mengelola sampah saat ini”,

“Bukan hanya berpotensi mencemarkan air namun juga semakin memperparah emisi gas rumah kaca yang mengarah pada pemanasan global dan perubahan iklim, yang dampaknya sudah langsung dapat kita rasakan pada saat ini. Saya berharap kita dapat bergandengan tangan, bahu membahu dan bergerak sinergis untuk mewujudkan Kota Bersih Berkelanjutan,” ujarnya.

Dia juga berterima kasih kepada seluruh pihak Cocacola, BNI 46, Mahija, Amandina, Mahkota, Sahabat Gajah yang membantu Kota Metro untuk mengelola sampahnya lebih baik. Terima kasih pula kepada para pelaku dan penggerak Bank Sampah di Kota Metro yang secara tidak langsung membantu memperpanjang usia pakai TPAS dengan mengurangi sampah yang masuk ke TPAS. Tentunya, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam hal ini. Partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat mutlak diperlukan.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro Irianto Marhasan dalam laporannya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kesediaan Walikota dan undangan terkait yang telah berkenan meluangkan waktu untuk hadir dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Metro ke-85.

“Kita akan mulai kembali menggaungkan dan menggelorakan semangat serta gerakan bersama pilah sampah dari rumah, menabung sampah ke Bank Sampah, kurangi sampah masuk TPAS, dan jadikan sampah sebagai berkah bukan masalah,” ajaknya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Staf Ahli Walikota Bidang II, Asisten ll Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala OPD, Ketua TP PKK Kota Metro, TP2ID, Direktur Pengelolaan Sampah Kemen LHK, Direktur PACS Cocacola, Ketua CSR Forum Lampung, Kepala LPPM Itera dan Anggota Dewan Redaksi Media Group, BNI 46, Mahija Amandina, Mahkota dan Sahabat Gajah.(Kf-Din-J)