Parosil Bangga Alumni SMAN 1 Sukau Raih Beasiswa University of Central Missouri, Amerika Serikat (AS)

Lampung Barat, etalaseinfo.co.id (SMSI) – Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus mengapresiasi salah satu Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) atas nama Vina Qurrota Akyuningrum berasal dari alumni SMA Negeri 1 Sukau Lampung Barat yang telah berprestasi luar biasa memperoleh beasiswa 1 (satu) semester kuliah di University of Central Missouri, Amerika Serikat (AS) dalam Pertukaran Mahasiswa Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD)  United States 2021/2022.

Selaku kepala daerah, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus merasa bangga, lantaran Vina Qurrota Akyuningrum yang akrab disapa Vina, merupakan putri asli daerah Lampung Barat kelahiran Kecamatan Lumbok Seminung 12 Juli 2001 yang terpilih menjadi satu-satunya mewakili Sumatera dari 11 mahasiswa asal Indonesia yang mendapat beasiswa tersebut.

“Merupakan suatu kebanggan bagi kita, Vina akan menginspirasi mahasiswa lainnya untuk lebih berprestasi,” ucap Parosil,” ujar Parosil.

Vina, Mahasiswi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) itu telah selesai menjalani ujian akhir semester di University of Central Missouri dengan IPK 4,00.

Pencapaian Vina ini sebenarnya sudah terlihat ketika baru satu bulan kuliah di University of Central Missouri.

Saat itu, dia menyelesaikan kuis dengan nilai memuaskan dengan menempuh mata kuliah Reading 6, Writing 6, Communication Skills 5, Grammar 5 dan Seminar American Culture.

Pada pekan lalu, Vina sudah menyelesaikan semua ujian akhir semester di UTI secara daring dengan hasil nilai yang memuaskan dengan IPK 4,00 dari 10 mata kuliah dari 20 SKS.

Vina bersaing dengan mahasiswa asli Missouri dan sejawat lain dari beragam negara.

Kemampuan berbahasa Inggris Vina sangat cakap. Ia juga acap berdebat dengan mahasiswa lain dan dosen kala menerangkan sesuatu dalam perkuliahan.

Sebelum menerima Beasiswa Pertukaran Mahasiswa Program Global UGRAD United States 2021/2022 di University of Central Missouri AS, Vina memang sudah banyak menorehkan prestasi.

Prestasi itu diantaranya, Juara I Nasional Pidato Bahasa Inggris PHNC Universitas Sriwijaya 2021, Juara I Nasional Pidato Bahasa Inggris English Festival Universitas Bunda Mulia 2021, Delegasi Lampung Jambore Pemuda Indonesia 2020, Pemenang Kostum Terbaik Duta Bahasa Provinsi Lampung 2020, Duta Pemuda Provinsi Lampung 2020, Pemenang Lomba Berbalas Pantun Kantor Bahasa Provinsi Lampung 2019 dan Juara 2 Pidato Bahasa Inggris EPA Polinela Lampung 2019.

Di tengah padatnya aktivitas perkuliahannya, Vina masih menyempatkan menyalurkan hobi lamanya, menulis buku (fiksi berjenis novel) tentang Amerika Serikat diberi judul Cinta Bersemi di Namsan Tower.

Merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi Bupati Lampung Barat, sebab, Vina dapat bertemu langsung dengan Rektor University of Central Missouri Mr. Roger J. Best, Ph.D. di ruang kerjanya yang tak semua orang bisa dengan mudah bertemu dengannya.

Bupati Parosil berharap, dengan prestasi yang diraih Vina Qurrota Akyuningrum dapat memicu kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Lampung Barat lebih baik lagi.

“Semoga Lampung Barat akan terus melahirkan putra-putri berprestasi dalam bidang pendidikan untuk mewujudkan Lampung Barat Hebat, Lampung Berjaya dan Indonesia Maju,” harap Parosil.(Kf-Kub-J)