Pemkab Lampung Selatan Gelar Acara Peringatan Hari Tuberculosis Sedunia

Tanjung Bintang, etalaseinfo.co.id (SMSI) – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Kesehatan setempat menggelar berbagai kegiatan pelayanan Kesehatan diantaranya Donor Darah, Sunat Gratis,Percepatan Vaksinasi Covid 19, melakukan Gerakan Eliminasi TB dan Pencegahan Stunting serta lounching Gardu Elit’s.

Kegiatan tersebut dalam rangka memeperingatiHari Tuberculosis Sedunia (HTBS) Tahun 2022 di Kabupaten Lampung Selatan yang dilaksanakan di halaman Puskesmas Rawat Inap Tanjung Bintang, Jum’at (1/4/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lampung Selatan Joniansyah S.Km, M.M dalam laporan nya mengatakan, kegiatan lounching Gerakan terpadu eliminasi Tuberculosis dan pencegahan stunting serta percepatan vaksinasi covid 19 ini merupakan rangkaian dalam rangka memepringati Hari Tuberculosis sedunia (HTBS) yang diperingati setiap tanggal 24 maret.

“Dan untuk kegiatan ini kita laksanakan selama satu hari dengan di ikuti oleh seluruh puskesmas se-Kabupaten Lampung Selatan dan rumah sakit yang ada di lampung selatan secara serentak melalui zoom metting,”ucapnya.

Tujuannya adalah meningkatkan kualitas hidup guna mencapai drajat Kesehatan yang stinggi-tingginya bagi masyarakat kabupaten lampung selatan melalui upaya pencegahan penyakit TB yang juga merupakan salah satu upaya pencegahan stunting serta pencegahan dan pengendali covid 19 di Kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan ini merupakan inisisasi dari duta swasembada gizi sebagai salah satu praktek, baik program swasembada gizi Kabupaten Lampung Selatan, dengan tujuan meningkatkan penemuan kasus TB baru dengan pemeriksaan pada penderita dini serta mencegah penularan penyakit TB yang bisa meluas ke masyarakat.

Juga meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penyakit TB dan cara pencegahan nya serta mewujudkan masyarakat lampung selatan bebas TBC guna mencapai eliminasi TBC tahun 2030 dan penurunan stunting di dalam lima persen pada tahun 2024.

Sementara itu Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menyampaikan terima kasih dan apresiasi serta menyambut baik atas terselenggaranya rangkaian kegiatan pelayanan Kesehatan yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan dalam rangka memeperingati Hari TB Sedunia.

“Semoga melalui kegiatan yang kita laksanakan ini benar-benar bisa dipahami dan dimengerti oleh seluruh peserta baik yang hadir disini maupun yang melaui zoom metiing sehinnga bisa bermanfaat dan berdampak baik bagi masyarakat tentang bagaimana dalam pengentasan stunting dan penuntasan TB serta percepatan vaksinasi terlaksana secara maksimal di masyarakat,”ujarnya.

Winarni menyampaikan, bahwa penyakit TB di lampung selatan saat ini masih menjadi salah satu permasalahan utama Kesehatan, hal itu dikarenakan masih banyaknya penderita TBC yang masih belum ditemukan sehingga menjadi sumber penularan bagi keluarga dan orang-orang yang ada disekitarnya.

“Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan saat ini diperkirakan terdampak 3420 penderita TBC, diharapkan dengan bergeraknya gardu elit’s ini nanti bisa terlihat kasus TB sehingga bisa segera dilakukan penangan pengobatan,”urainya.

Peringatan Hari TB sedunia ini bertujuan untuk membangun kesadaran bersama tentang TB serta upaya untuk mengurangi penyebaran penyakit TB khusunya di Kabupaten Lampung Selatan. Indonesia melalui Kementerian Kesehatan memiliki target. Tambah Winarni.

“Indonesia Bebas TB 2050”, untuk mencapai target itu peran masyarakat sangat diperlukan, terutama dalam membantu menemukan kasus TB dan membantu melakukan pengawasan terhadap pengobatan pasien TB hingga sembuh, agar rantai penularan penyakit ini dapat dihentikan,”pungkasnya.