Plt. Asisten Ekobang Pimpin Apel Mingguan Sekaligus Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Pemkab Lamsel

Kalianda, etalaseinfo.co.id – Pelaksana tugas (Plt) Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Setdakab. Lampung Selatan, Muhadi, S.Sos., M.M, mempimpin apel mingguan yang disatukan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2022.

Apel yang rutin dilaksanakan di Lapangan Korpri itu, diikuti para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, serta seluruh staf Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Tenaga Harian Lepas Sukarela ( THLS), Senin (6/6/2022).

Muhadi dalam sambutannya, menyampaikan pada Tanggal 2 Juni 2022 Kabupaten Lampung Selatan menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sebagai Peringkat 5 Pemerintah Daerah dengan Realisasi Belanja Daerah Tertinggi dari Tahun 2020 ke Tahun 2021, dengan kategori Kabupaten.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah, yang telah melakukan percepatan realisasi belanja sebagai salah satu upaya dalam pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid-19. Ini membuktikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan telah berhasil melakukan penyerapan anggaran dalam Realisasi Belanja Daerah Tertinggi pada tahun 2020 sampai dengan 2021,” ujarnya.

Plt. Asisten Ekobang itu berharap, dengan adanya penghargaan ini akan lebih memacu semangat untuk lebih baik lagi di masa yang akan datang, apalagi saat ini kita telah memasuki pertengahan Triwulan II di Tahun Anggaran 2022.

“Untuk itu saya minta para pimpinan OPD dan jajarannya agar segera melaksanakan implementasi program dan kegiatannya sesuai dengan target kinerja yang telah ditetapkan. Kepada OPD yang masih menunjukkan penyerapan anggaran yang masih rendah, saya harapkan untuk lebih meningkatkan lagi kinerjanya, agar implementasi program dapat terealisasi dengan baik,” harapnya.

Muhadi lebih lanjut menuturkan mengenai Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia selalu diperingati setiap tahunnya. Pada tahun 2022 ini, kembali diperingati dengan tema “Only One Earth”, dan fokus Living Sustainably in Harmony with Nature. Sedangkan di Indonesia sendiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini mengambil Tema “Satu Bumi Untuk Masa Depan”.

Dalam pokok-pokok kebijakan Presiden Republik Indonesia, pada aspek pembangunan lingkungan hidup dan tata kelola sumber daya alam, terdapat berbagai hasil perkembangan, diantaranya Indonesia telah berhasil menurunkan angka deforestasi sampai titik terendah dalam sejarah sekaligus menekan kebakaran hutan dan lahan pada level serendah mungkin.

“Atas segala capaian hingga saat ini, saya menyampaikan ucapan terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas kerja keras seluruh elemen masyarakat. Tantangan ke depan tidak lebih mudah, objektivitas dan kejernihan dalam kita melihat masalah dan membangun artikulasi penyelesaian masalah merupakan pijakan kolaborasi yang sangat penting,” tutur Muhadi.

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk terus memperbaiki dalam perilaku adil terhadap lingkungan. Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif. Tidak lain, dalam satu arah sejalan dengan tujuan nasional dan cita-cita bangsa,” pungkasnya.(Kf-Da-J)