Polres Tanggamus Gelar Pengamanan Penutupan Sementara Pasar Gisting

Tanggamus, etalaseinfo.com – Pasca keluarnya hasil swab 5 warga terpapar Covid-19 di sekitar pasar Gisting, pasar tersebut ditutup selama 3 hari dimulai hari ini Selasa (20/1/20) pukul 15.00 Wib hingga Jumat (24/1/20).

Dalam penutupan tersebut, Kabag Ops Polres Tanggamus bersama Kasat Binmas AKP H. Irfansyah Panjaitan dan sejumlah personelnya serta TNI mendampingi tim Gugus Tugas Covid-19.

“Kegiatan penutupan sementara Pasar Gisting oleh Gugus Tugas, Pengamanan dilaksanan bersama TNI dan hingga berakhirnya kegiatan berlangsung kondusif,” kata Kompol Bunyamin mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK.

Terpisah menurut Kadiskes Tanggamus Taufik Hidayat, Kasus Covid-19 di Tanggamus bertambah lima kasus hasil tracing pasien 42 di Kecamatan Gisting, kelima orang tersebut diidentifikasi sebagai pasien 45, 46, 47, 48, dan 49.

“Mereka adalah keluarga terdiri anak, dua cucu, dan pasangan suami istri, tetangga. Orang yang mempunyai kontak erat dengan pasien 42,” ujar Taufik.

Selanjutnya untuk lima pasien yang baru tersebut sudah dibawa ke RSUD Batin Mangunang, Kota Agung. Dan kondisi mereka tanpa gejala, dari segi usia juga masih muda dan anak-anak dengan usia terkecil sembilan tahun.

Kemudian, dari perkembangan lima pasien baru tersebut, tim medis akan melakukan tracing lagi terhadap orang-orang yang kontak erat dengan kelima pasien baru.

“Untuk berapa orang yang ditracing sementara ini belum diketahui pasti jumlahnya, pendataan masih dilakukan dan selanjunya diambil sampel swabnya,” terang Taufik.

Ia juga mengaku, terkait munculnya kasus 42, kemungkinan dirinya terkena dari orang lain. Sebab pasien 42 hanya di rumah saja bahkan informasinya menggunakan kursi roda.

“Kemungkinan pasien 42 terkena dari orang lain, sebab anggota keluarga dan orang-orang sekitarnya beraktivitas di pasar. Untuk itulah pasar jadi fokus kami,” ujar Taufik.

Bagikan