Puluhan Bhabinkamtibmas Polres Pringsewu Jalani Pelatihan Peningkatan Kemampuan

Pringsewu, etalaseinfo.co.id – Polres Pringsewu Polda Lampung menggelar pelatihan pembinaan dan peningkatan kemampuan (Binkatpuan) personel Bhabinkamtibmas. Selasa (22/11/22).

Kegiatan yang berlangsung di Balai Pendopo Kabupaten Pringsewu ini dibuka oleh Wakapolres Pringsewu Kompol Doni Dunggio, S.IK dan dihadiri sejumlah Pejabat Utama Polres Pringsewu.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Kanit Binmas) serta seluruh Bhabinkamtibmas yang berasal dari Polsek yang ada diwilayah hukum Polres Pringsewu.

Wakapolres Pringsewu Kompol Doni Dunggio mengatakan bahwa, kegiatan Binkatpuan tersebut dilaksanakan adalah untuk peningkatan dan kemampuan para Bhabinkamtibmas yang memiliki tugas multifungsi.

“Sebagai ujung tombak Polri baik di tingkat desa, Bhabinkamtibmas diminta untuk lebih meningkatkan peran aktif dimasyarakat atau diwilayah Desa/kelurahan tempatnya bertugas,” Ujar Doni saat ditemui awak media dilokasi kegiatan.

Hal itu, lanjut Doni, adalah untuk memperoleh dan menyerap informasi serta aspirasi dari masyarakat secara dini.

Wakapolres meminta kepada para Bhabinkamtibmas untuk berperan serta dalam penyelesaian setiap permasalahan yang timbul ditengah-tengah masyarakat, juga mampu merespon dengan cepat setiap pengaduan yang ada diwilayah tugasnya.

“Sehingga seluruh permasalahan dan atau potensi gangguan Kamtibmas yang ada di desa binaan dapat tertangani sedini mungkin dengan melibatkan seluruh potensi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu Kasat Binmas Iptu Mardiyono, menambahkan, pelatihan binkatpuan tersebut di ikuti para Kanit binmas dan 71 personel Bhabinkamtibmas yang berasal dari jajaran Polsek.

Menurutnya, para peserta Binkatpuan akan dilatih kemampuan berkomunikasi publik dan pengisian pelaporan Bhabinakmtibmas melalui aplikasi Bhabinkamtibmas Online sistem (BOS).

“Tujuan dari kegiatan ini untuk mengoptimalkan kinerja personel Bhabinkamtibmas jajaran Polres Pringsewu.” Tandasnya. (*)

Bagikan