Sejumlah Lokasi Disulap Bupati Tulang Bawang Jadi Destinasi Wisata

Tulang Bawang – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang tahun ini membangun sejumlah ruang publik yang menjadi lokasi destinasi wisata baru bagi masyarakat. Ikon kabupaten tersebut tersebar di beberapa tempat, dan mudah dijangkau masyarakat lokal dan luar kabupaten.

Bupati Tulangbawang Winarti mengatakan, sejumlah bangunan landmark yang dibangun tersebut diharapkan mampu menarik wisatawan untuk hadir di Kabupaten Sai Bumi Nengah Nyappur.

“Dengan terwujudnya ikon kabupaten tersebut, selain menjadi tempat wisata juga diharapkan mengangkat ekonomi masyarakat sekitar,” ujar Winarti, Senin, 19 Oktober 2020.

Kepala daerah perempuan yang dikenal dengan bupati gotong royong ini mengaku, pembangunan ruang publik berupa taman dan tugu merupakan aspirasi dari masyarakat. Pembangunan tersebut sekaligus menjawab keinginan masyarakat di kabupaten setempat.

Winarti mengaku ingin menyulap sejumlah lokasi di Tulangbawang menjadi daerah ruang terbuka hijau seperti senior politiknya Walikota Surabaya Risma. Pembangunan taman dan tugu serta jalan dua jalur tersebut masuk dalam 25 program unggulan prorakyat yang menjadi program unggulan BMW di kabupaten setempat.

“Saya ingin mempercantik Tulangbawang, nantinya agar masyarakat bisa membawa keluarganya berlibur tanpa keluar daerah. Jadi kita siapkan tempatnya, sebagai lokasi wisata alternatif warga, selain taman dengan fasilitas wifi, ada juga ruang tempat olahraga bagi masyarakat,” ujar ketua DPC PDIP tuba tersebut.

Ia memaparkan sejumlah bangunan yang menjadi skala prioritas pembangunan tahun ini yakni pemugaran Tugu Garuda yang berada tepat di pertigaan Lampu Merah Terminal Menggala.

“Tugu Garuda ini direhab total dengan desain ornamen Lampung dengan tetap menonjolkan ciri khas adat dan budaya lokal. Perehapan tugu ini salahsatu aspirasi masyarakat,” ungkapnya.

Kemudian area Jogging Track dan taman ramah anak yang berada di Komplek Pemkab Tulangbawang di Jalan Cemara. Lokasi itu di desain menjadi area terbuka hijau agar masyarakat dapat bersantai bersama keluarga.

Sebelumnya lokasi tersebut berdiri Tugu Pepadun, bekerja sama melalui CSR Bank Mandiri lokasi dimodifikasi namun tidak menghilangkan sejarah yang terkandung dari sebelumnya.

Tugu Bergerak Melayani Warga (BMW) di Simpang Penawar, Kecamatan Banjarmargo. Bangunan yang berbentuk lingkaran dengan ournamen terbuat dari stanlis dan baja dengan motif buah naga memiliki filosofi yang erat dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berada di ujung Timur Kabupaten Tulangbawang.

Bagikan