Sekda Metro Buka Bimtek Statistik Sektoral

Metro, etalaseinfo.co.id – Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo didampingi Kadis Kominfo membuka acara bimbingan teknis (bimtek) penyelenggaraan statistik sektoral Kota Metro tahun anggaran 2022, yang diselenggarakan Diskominfo di OR Setda, Kamis (01/12/2022).

Dalam kesempatan tersebut Kadis Kominfo Subehi melaporkan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan yakni sebagai penjabaran tugas Dinas Kominfo sebagai instansi yang memiliki tupoksi di bidang statistik dimana salah satu kewajibannya adalah mewujudkan tata kelola data daerah yang akurat, lengkap, mutakhir , akuntabel, terintegrasi, mudah diakses dan berkelanjutan sehingga dapat pendukung perencanaan pembangunan.

Adapun peserta merupakan staf di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kota Metro yang mengampu dan bertugas di bidang data. Dengan narasumber yang berasal dari Kepala Bappeda Kota Metro, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro, serta Kepala BPS.

“Kegiatan pada siang hari ini bertujuan dapat memberikan fasilitas SDM Pengelola Data yang berkualitas di masing-masing OPD, serta mendukung terwujudnya satu data Indonesia Tingkat Kota Metro, ” terangnya.

Sementara itu Bangkit saat membacakan sambutan Walikota Metro menyampaikan pada 12 Juni 2019, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yang merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggung jawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk.

“Atas nama Pemerintah Kota Metro, Walikota mengucapkan terimakasih dan menghaturkan prestasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Komunikasi dan Informatika atas segala upaya yang telah dilakukan sehingga Bimtek ini dapat terselenggara dengan baik. Kami juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi bapak dan ibu yang diharapkan dapat menjadi stakeholder Pemerintah Kota Metro dalam penyebarluasan informasi,” sampainya.(Kf-Din-J)

Bagikan