Sosialisasi Tanda Tangan Elektronik Dihadiri Wakil Waikota Metro Qomaru Zaman

Metro, etalaseinfo (SMSI)  –  Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman menghadiri sosialisasi Tanda Tangan Elektronik yang diselenggarakan di OR Setda Kota Metro, Selasa (30/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro Subehi dalam laporannya menyampaikan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro telah merancang sebuah sistem tata naskah dinas elektronik dan akan menggunakan tanda tangan elektronik dalam penerapannya sejalan dengan cita-cita Kota Metro untuk mendapatkan predikat sebagai Smart City yang salah satu Penerapan Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) salah satunya adalah keamanan informasi.

“Untuk itu dengan terselenggaranya Sosialisasi Sertifikat Elektronik hari ini, semoga dapat membantu para Kepala OPD di Kota Metro untuk dapat memahami apa dan bagaimanakah Sertifikat Elektronik itu diterapkan,” terangnya.

Subehi menambahkan, adapun tujuan diadakannya tanda tangan elektronik ini yakni bertujuan mempercepat implementasi penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam hal pemenuhan aspek keamanan informasi, serta memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai Sertifikat Elektronik, dimana output yang diharapkan agar dapat terselenggaranya Tata Naskah Dinas Elektronik di Kota Metro dengan keamanan informasi yang maksimal dengan penerapan Sertifikat Elektronik.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman mengatakan Penerapan Sertifikat Elektronik ini adalah Implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang telah diturunkan berupa Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 8 tahun 2019 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Implementasi ini merupakan langkah kita untuk menuju Smart Government yang akan bermuara pada pencapaian cita-cita kota metro untuk mendapatkan predikat Smart City.

“Untuk itu saya sepenuhnya mendukung implementasi Sertifikat Elektronik untuk diterapkan di Kota Metro. Untuk itu, kepada para peserta saya berpesan untuk bisa mengikuti sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga jika nanti telah mencapai tahap penerapan, saudara dapat mengimplementasikannya dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Qomaru juga berharap, agar kegiatan ini tidak hanya bertukar pikiran, tetapi harus dilakukan dan dilaksanakan ditiap OPD, paling tidak pondasinya sudah dilakukan.(Kf-J)

Bagikan