Strategi Hutama Karya Atasi Kemacetan Selama Arus Mudik Lebaran

Jakarta, etalaseinfo.co.id – Selain fasilitas dan pelayanan yang optimal, Hutama Karya juga telah menyiapkan beberapa skema bila terjadi kepadatan arus mudik yang diprediksi terjadi pada 29-30 April dan puncak arus balik pada 7-8 Mei.

Diperkirakan, potensi kemacetan akan terjadi di GT Kayu Agung Utama, GT Kotabaru,dan GT Bakauheni Selatan.

“Terkait antisipasi apabila terjadi kepadatan, kami telah melakukan peningkatan kapasitas gerbang Bakauheni Selatan dan Kota Baru, penambahan mobile reader untuk percepatan transaksi di gerbang tol, bantuan tapping oleh petugas, menyiagakan teknisi peralatan tol, serta membuka semua gardu operasi,” imbuh Koentjoro.

Jika kepadatan terjadi di jalur tol, Hutama Karya akan melakukan beberapa skema diantaranya yakni penguraian antrean pada GT Bakauheni Selatan dengan pengalihan arus menuju Gerbang Tol Bakauheni Utara, penguraian antrean pada GT Kotabaru dengan pengalihan arus menuju GT Lematang dan GT Natar.

Antisipasi kepadatan lalu lintas menggunakan skema contra flow dengan diskresi pihak Kepolisian, dan atau menyiapkan rubber cone untuk membebaskan bahu jalan saat terjadi antrean.

“Kami akan memaksimalkan pelayanan di rest area jika terjadi penumpukan seperti pengaturan rest area menuju Pelabuhan Bakauheni, penambahan petugas layanan rest area, manajemen pengelolaan area parkir rest area, penerapan protokol COVID-19 di rest area, serta pengamanan rest area dengan CCTV,” terang Koentjoro.

Meskipun pelayanan sudah disiapkan oleh Hutama Karya,Koentjoro tetap mengajak masyarakat yang akan melakukan mudik untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas.Terutama tidak memacu kendaraan di atas rata-rata yang sudah ditentukan.

“Tilang elektronik sudah diberlakukan di ruas tol Hutama Karya. Masyarakat diharapkan dapat lebih taat terhadap peraturan yang ada di jalan tol salah satunya yakni untuk taat kecepatan berkendara di jalan dengan batas maksimal 100 km/jam,”terangnya.

Selain itu, bagi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi, Hutama Karya bekerja sama dengan Polres Lampung Selatan, Lampung Tengah dan Mesuji telah menyiapkan Posko Vaksinasi gratis di beberapa titik di antaranya di Rest Area KM 20 Jalur A dan B Ruas Bakauheni- Terbanggi Besar dan Rest Area KM 172 Jalur B & 234 Jalur A di Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang – Kayu Agung yang disiapkan sampai dengan arus balik mudik.

Terakhir,Koentjoro juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan mudik tahun ini. Caranya, dengan memperhatikan kondisi fisik kendaraan serta mematuhi aturan yang berlaku. Semangat ini sesuai dengan kampanye SETUJU,keselamatan berkendara yang dicanangkan Hutama Karya sejak 2019 lalu.

“Kalau lelah, silahkan istirahat sejenak di rest area atau bisa keluar di gerbang terdekat sambil menikmati pariwisata dan kuliner yang ada di sekitar JTTS yang bisa dinikmati sambil mengisi energi sebelum kembali melanjutkan perjalanan,” tutup Koentjoro,Direktur Operasi III Hutama Karya.

Sebagai informasi, pada H-8 Idul Fitri 1443H,Hutama Karya telah mencatat kenaikan hingga 47% jika dibandingkan dengan Volume Lalu Lintas (VLL) normal di bulan Maret 2022, dimana jika VLL normal sebanyak sebanyak 5.595, kemarin (24/4) mengalami peningkatan arus kendaraan sebanyak 8.259 kendaraan yang masuk ke Sumatra melalui JTTS via GT Bakauheni Selatan.(Rls)