Sulfakar, Adi Erlansyah, Zaidirina Akan Dilantik Jadi Pj Bupati

Bandar Lampung, etalaseinfo.co.id (SMSI) – Tiga calon PJ kepala daerah, untuk Pj Bupati Tulang Bawang Barat, Mesuji, dan Pringsewu mengikuti prosesi gladi resik, prosesi pelantikan yang akan dilakukan oleh Gubernur Lampung, di Lantai III Balai Keratun, Sabtu 21 Mei 2022 siang. Jadwal pelantikan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pada Minggu 22 Mei 2022.

Hadir Kepala Badan Pendapatan Daerah Lampung Adi Erlansyah sebagai Pj Bupati Pringsewu, Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Sulpakar sebagai Pj Bupati Mesuji, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi Zaidirina sebagai Pj Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba).

Tiga bupati di Lampung memasuki akhir masa jabatan pada 22 Mei 2022, Bupati dan Wakil Bupati Pringsewu Sujadi – Fauzi, Bupati dan Wakil Bupati Mesuji Saply – Haryati Cendralela, dan Bupati dan Wakil Bupati Tubaba Umar Ahmad-Fauzi Hasan.

Didepan halaman lapangan Kopri, Komplek Kantor Pemprov Lampung mulai banjir karangan bunga ucapan selamat kepada para Pj yang di lantik. Papan bunya ucapan selamat ditujukan kepada Sulpakar sebagai Pj Bupati Mesuji, untuk Pj Bupati Pringsewu.

Papan bunya dari Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto untuk Pj Pringsewu, sementara dari Gubernur ucapan untuk tiga Pj Bupati. “Selamat dan sukses atas pelantikan Pj Bupati Mesuji, Pj Bupati Pringsewu, Pj Bupati Tubaba,” demikian bunyi ucapan dalam karangan bunga dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tersebut.

Kapuspen Kemendagri Benni Irwan menyebutkan pihaknya telah menyerahan SK PJ, untuk beberapa daerah, termasuk untuk Provinsi Lampung. “Benar pagi ini ada penyerahan SK Pj Bupati. Yang untuk Tulang Bawang Barat : Kadis PMD  dan Transmigrasi ibu Zaidirina. Untuk Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, dan Pj. Bupati Mesuji Sulpakar,” katanya dilangsir radarlampung.com, Sabtu 21 Mei 2022, (Sinarlampung.co.id).

Nama kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Lampung Budi Darmawan yang sebelumnya santer digadang-gadang akan menjadi Pj Bupati Tulang Bawang Barat menggantikan Bupati Tubaba Umar Ahmad, hilang dan digantikan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Dan Transmigrasi (PMDT) Lampung Zaidirina. Ucapan selamat dalam karangan bungapun datang untuk Zaidirina, istri mantan wakil bupati Tulangbawang Heri Wardoyo (kini masuk kepengurusan Partai Golkar Lampung).

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengatakan para PJ Bupati yang akan dilantik akan segera bekerja mulai Senin 22 Mei 2022.

“Karena dalam pemerintahan tidak boleh ada kekosongan. Jadi setelah dilantik harus langsung bekerja ke daerah yang ditunjuk,” kata Sekda.

Fahrizal juga mengimbau kepada para Pj Bupati yang terpilih agar bisa membagi waktu. Karena mereka juga adalah pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Lampung.

“Kita sudah punya pengalaman adanya Pj Kepala Derah dipilih. Jadi sekarang tinggal meneruskan saja pekerjaan dan mekanisme yang harus dijalankan. Yang jelas harus bisa membagi waktu antara tugas Pj dan Kepala Dinas,” katanya, di lingkungan Pemda Provinsi Lampung.

Namun, Sekda sempat enggan berkomentar saat dikonfirmasi tiga nama Pj Kepala Daerah tersebut Kepala Badan Pendapatan Daerah Adi Erlansyah, Kepala Dinas Pendidikan Sulpakar, dan dan Kepala Dinas PMD Zaidirina. “Kalau soal itu, saya no comment. Kita lihat saja nanti,” ujarnya. (SL)