Maksimalkan Fasilitas di JTTS Untuk Pemudik Yang Melintas

Jakarta, etalaseinfo.co.id – PT Hutama Karya(Persero) (Hutama Karya) memastikan telah siap menyambut pemudik yang akan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) selama arus mudik lebaran mulai hari ini, Senin (25/4) hingga 10 Mei mendatang.

Direktur Operasi III Hutama Karya,Koentjoro mengatakan bahwa Hutama Karya memastikan jalan tol yang dikelola telah layak dan siap dilalui oleh pemudik, khususnya pengguna jalan dari arah Jawa menuju Pulau Sumatra melalui pintu awal masuk JTTS yakni Gerbang Tol(GT) Bakauheni Selatan di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

“Seluruh pelayanan dan fasilitas penunjang telah tersedia, perbaikan jalan tol juga telah clear H-10 menuju lebaran dan semua alat berat telah ditarik dari main road. Kalau terdapat kerusakan baru, petugas sapu lubang akan standby dan siaga untuk memperbaiki dan memastikan tidak ada lubang atau zero pothole,”tutur Koentjoro.

Lebih lanjut, Koentjoro menambahkan fasilitas yang telahdisiapkan Hutama Karya antara lain, layanan transaksi di 33 titik lokasi top up tunai, 47 unit mobile reader, dan 258 unit gardu operasi. Sedangkan untuk rest area,Hutama Karya telah menyiapkan 21 tempat istirahat dan pelayanan serta 4 tempat istirahat sementara.

“Demi keamanan para pemudik, kami juga telah menyiapkan layanan informasi sebanyak 97 unit VMS dan 1.130 unit CCTV. Kami juga menyiagakan 347 unit armada dan menerjunkan sebanyak 2.391 petugas selama arus mudik dan arus balik,” jelasnya.

Pada mudik 2022 ini, total jalan yang dioperasikan sepanjang 571 km dan 48,8 km ruas merupakan fungsional.

Terkait kesiapan tersebut, Hutama Karya bersama dengan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit juga telah memantau dan mengecek kembali seluruh persiapan yang ada di JTTS Ruas Bakauheni -Terbanggi Besar dan Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang Kayu Agung pada Sabtu (23/4) lalu.(Rls)