Wajib Tahu agar Bisa Diatasi, Berikut 5 Makanan Penyebab Bau Badan

JAKARTA – Sedikitnya ada lima makanan penyebab bau badan yang perlu diketahui. Dikutip dari Cleveland Clinic, bau badan umumnya disebabkan campuran bakteri dan keringat tubuh.

Selain itu, bau badan juga bisa terpengaruh oleh kondisi hormon dan makanan yang dikonsumsi. Kabar baiknya, bau badan ini bisa diatasi dengan mudah, baik menggunakan semprotan deodoran maupun makanan penetralnya.

Lantas, apa sajakah makanan penyebab bau badan ini? Dilansir dari situs GymSpin, berikut beberapa makanan penyebab bau badan.

1. Cabai dan Jinten

Rempah-rempah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan di Indonesia. Dalam hal ini, beberapa rempah memiliki bau yang cukup menyengat. Sehingga bisa muncul di keringat seseorang.

Hal diakibatkan kandungan belerang yang bisa keluar dari pori-pori. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan deodoran yang dibuat tanpa aluminium yang bisa menetralkan bau badan sekaligus menyerap keringat.

2. Daging Merah

Bagi sebagian orang, hidangan berupa daging mungkin termasuk mewah. Cukup banyak aneka olahan makanan yang bisa dibuat dari daging. Sebagai contoh, di Indonesia mungkin sering digunakan untuk membuat rendang atau sejenisnya. Namun, daging merah juga dianggap sebagai makanan penyebab bau badan.

Alasannya karena daging ini lebih sulit dicerna, sehingga menciptakan lebih banyak asam lemak yang disukai bakteri.

Sebagai hasilnya, bakteri tersebut bisa berkembang menjadi keringat dengan bau yang cukup menyengat.

3. Brassica

Jenis sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis dan kangkung juga bisa menjadi penyebab bau badan. Pada teknisnya, hal ini terjadi senyawa belerang yang dilepaskan selama proses pencernaan. Meski begitu, jenis sayuran tersebut memiliki sederet manfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun, jika terus menimbulkan masalah bau badan, Anda bisa menggantinya dengan beberapa sayuran lain seperti terong dan ubi jalar.

4. Bawang Putih dan Bombay

Bawang putih dan bombay juga bisa berpengaruh pada bau badan. Ketika anda memasak atau memakan jenis bawang tersebut. Aroma baunya akan sangat kuat dan bisa bertahan cukup lama.

Dalam hal ini, Anda disarankan untuk memakan peterseli atau mint untuk menetralkan baunya.

5. Makanan Laut

Berbagai jenis ikan dan makanan laut lain biasanya memicu bau amis ketika dimakan. Hal ini dikenal dengan sebutan trimetilaminuria, kondisi tubuh yang tidak bisa memecah trimetilamina atau bahan kimia yang secara alami ada di organisme laut.

Namun, perlu diketahui bahwa kondisi ini jarang terjadi. Akan tetapi, jika memang hal dirasa cukup menyulitkan, maka Anda bisa mulai mengurangi konsumsi makanan laut.

Bagikan