Wakil Walikota Metro Buka Acara Kegiatan Penguatan dan Monev Pelaksanaan PISA

Metro, etalaseinfo.co.id – Wakil Walikota Metro membuka Acara Kegiatan Penguatan dan Monev Pelaksanaan Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) di Kota Metro Tahun 2022 yang berlangsung di OR Setda Kota Metro, Kamis (01/12/2022).

Acara dihadiri oleh 15 OPD, Bunda Literasi dan Fasilitator KLA Provinsi Lampung sesuai dengan Surat Keputusan Walikota Metro Nomor : 600KPTS/D.08/2022 tentang Penetapan Tim Pengelola dan Kebijakan Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) Kota Metro Tahun 2022.

Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman mengatakan bahwa Kota Metro menjadi Kota Layak Anak bukanlah hal yang mudah. Sebagai Tim Gugus Tugas harus mempunyai komitmen bersama dan meliki satu persepsi yang sama di mulai dari Walikota, Wakil, Sekda, Asisten dalam membaca kota ini dengan tepat sasaran dan benar dalam prosesnya.

Selain itu, Qomaru meminta apa yang mau dilakukan untuk Kota Metro sebagai kota layak anak yaitu melakukan perlindungan terhadap anak mulai dari kandungan sampai usia dibawah 18 tahun.

“Kita bukan hanya bicara anak-anak yang sedang aktivitas di sekolah saja, tetapi bagaimana yang tidak bersekolah juga harus diberikan informasi dan menguatkan ” paparnya.

Qomaru yakin jika jegiatan dan program yang dilakukan secara bersama-sama insya allah semua program dapat berhasil dengan baik, disaat kita berkomitmen melakukan sesuatu harus dapat menghadirkan juga sesuatu yang tepat untuk anak-anak kita.

“Saya menginginkan adanya penguatan pada essense action kedepan dan saya menawarkan diri untuk mengawal kegiatan PISA ini sampai kapanpun, ” ungkapnya.

Qomaru juga meminta adanya edukasi terhadap anak tentang bahaya narkoba disemua lintas kepemimpinan termasuk BNN dengan melakukan pergerakan bersama Pemerintah Kota Metro.

Informasi yang di berikan kepada anak harus layak serta dapat mencerdaskan, mendidik, dan mengedukasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro, Subehi sekaligus Ketua PISA Kota Metro, mengungkapkan pentingnya Kabupaten/Kota untuk memiliki sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakaan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak yang terintegrasi dari tingkat Kota, Kecamatan dan Kelurahan dengan memenuhi 24 indikator Kota Lavak Anak yang salah satunya adalah terpenuhinya adanya Pusat Informasi Sahabat Anak.

“Tersedianya informasi terintegrasi yang dibutuhkan oleh anak anak dengan pendekatan pelayanan yang ramah anak akan meningkatkan kesempatan anak untuk menerima, mencari, dan memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya,”terangnya.

Subehi juga menuturkan bahwa adanya PISA di Kota Metro sangat bermanfaat bagi pengembangan diri anak sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan, serta sejalan dengan prinsip-prinsip dasar Konvensi Hak-Hak Anak.

“Tersedianya pusat informasi layak anak yang terintegrasi lengkap dengan pendekatan pelayanan yang ramah anak akan memberikan lingkungan informasi yang sehat bagi anak sangat diperlukan, mengingat lingkungan informasi yang diperoleh anak selama ini tidak selamanya positif bagi anak, “beber Subehi saat rapat.

Subehi menuturkan bahwa anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun dan termasuk anak yang masih dalam kandungan sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dimana jumlah anak yang ada di Kota Metro 30,42 persen atau 52.648 jiwa.

Selain itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro telah melakukan beberapa upaya untuk mempromosikan program PISA di Kota Metro melalui Website PISA yang terkoneksi dengan website Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Metro.

www.perpusarsip.metrokota.go.id, dan instagram @pisa.metro2022, serta penyampaian Informasi PISA sudah dilakukan secara tatap muka (langsung), melalui Situs web PISA Kota Metro: http:// pisa.metrokota.go.id atau melalui akun instagram @pisa.metro2022.(Kf-Din-J)

Bagikan