Warga Lampung Terima 31 Ribu Sertifikat Tanah

Bandarlampung, etalaseinfo.co.id – Presiden Joko Widodo membagikan 1,5 juta sertifikat tanah kepada masyarakat yang tersebar di 34 provinsi.

Dari jumlah itu, 31.600 penerima merupakan masyarakat Lampung yang diserahkan secara simbolis di Hotel Novotel, Kamis (1-12-2022).

Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lampung Dadat Dariatna menjelaskan, mayoritas sertifikat yang dibagikan merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Sertifikat yang diserahkan hari ini untuk Lampung ada 31.600 yang sebagian besar berasal dari program PTSL. Tapi juga ada dari redistribusi tanah,” kata Dadat.

Dijelaskannya, dari jumlah tersebut, ada 500 penerima yang hadir pada penyerahan sertifikat di Hotel Novotel Bandarlampung.

Untuk tahun 2022, BPN Lampung menargetlan 99 ribu sertifikat tanah yang diterbitkan. Namun, hingga saat ini realisasinya telah mencapai 76 ribu.

“Sisanya ini sedang dalam proses. Insya Allah sampai akhir tahun nanti semuanya selesai. Jika memang berkasnya sudah lengkap dan batasnya jelas maka prosesnya pasti cepat,” sebutnya.

Salah satu penerima yang berasal dari Pringsewu, Suratman mengatakan, sertifikat yang diterimanya telah diajukan melalui program PTSL setelah melalui proses lebih kurang empat bulan.

“Tidak lama Prosesnya, Hanya empat bulan kurang lebih dan ini sudah keluar. Ini saya ajukan sertifikat untuk tanah tempat tinggal dengan luas 311 meter persegi,” singkatnya. (Mtm)

Bagikan